Selasa, 06 September 2016

Contoh Pidato Bulan Bahasa

Pidato Bulan Bahasa
Oleh: Dhani Susilowati

Assalamualaikum Wr. Wb.
Selamat pagi dan salam sejahtera bagi kita semua.

Yang terhormat Rektor Universitas PGRI Semarang, Dr. Muhdi, S.H., M.Hum.
Yang saya hormati Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan, Dra. Sri Suciati, M.Hum.
Yang saya hormati Dekan Fakultas Pendidikan Bahasa dan Seni, Dra. Asropah, M.Pd
Yang saya hormati Kaprogdi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Ibu Nanik Setyawati, S.S., M.Hum.
Yang saya hormati Sekprogdi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia,  Bapak Mukhlis, S.Pd., M.Pd.
Yang saya hormati seluruh Dosen Universitas PGRI Semarang
Yang saya hormati juri lomba baca puisi tingkat SMP se- Jawa Tengah
Yang saya hormati peserta lomba baca puisi tingkst SMP se-Jawa Tengah beserta guru pendamping
Mahasiswa Universitas PGRI Semarang yang saya banggakan       

Marilah kita mengucapkan rasa syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa, Allah SWT karena atas rahmat dan hidayah-Nya kita dapat berkumpul di GP 7 dengan keadaan sehat dalam rangka lomba baca puisi tingkat SMP se- Jawa Tengah.
Shalawat serta salam semoga tetap tercurahkan kepada Nabi Agung, Nabi Muhammad SAW. Semoga kita menjadi salah satu orang yang diberikan syafaatnya di hari akhir nanti.
Hadirin yang berbahagia,
Delapan puluh tujuh tahun yang lalu, tepatnya pada tanggal 28 Oktober 1928 terjadi peristiwa sejarah yang sangat penting bagi bangsa Indonesia yaitu sumpah pemuda. Dalam sumpah pemuda ini diikrarkan bahwa seluruh pemuda Indonesia bertumpah darah satu, tanah air Indonesia. Berbangsa satu, bangsa Indonesia. Menjunjung tinggi bahasa persatuan, bahasa Indonesia.
Namun seperti yang hadirin ketahui, rasa cinta terhadap bahasa Indonesia mulai berkurang. Generasi muda terkadang lebih sering membanggakan bahasa asing daripada bahasa Indonesia. Hal ini menciptakan kekhawatiran di kalangan masyarakat, terutama di Universitas PGRI Semarang. Oleh karena itu, HIMA PBSI bekerjasama dengan Universitas PGRI Semarang mengadakan lomba baca puisi tingkat SMP se- Jawa Tengah. Lomba baca puisi ini diselenggarakan dalam rangka bulan bahasa Universitas PGRI Semarang. Dengan  lomba baca puisi, generasi penerus bangsa diharapkan dapat meningkatkan kecintaan terhadap bahasa nusantara dan dapat meningkatkan keterampilan berbahasa.
Tema lomba baca puisi kali ini yaitu “Meningkatkan Rasa Nasionalisme Melalui Pembacaan Puisi”. Lomba diikuti oleh 200 orang peserta yakni siswa SMP se- Jawa Tengah. Hasil lomba akan ditentukan oleh 3 orang juri diantaranya Bapak Setia Naka Andrian, S.Pd.,M. Pd.;  Dr. Harjito, M. Hum.; Bapak Zainal Arifin, S.Pd, M.Hum. Juara pertama akan mendapat hadiah berupa tropi penghargaan dan uang sebesar Rp. 3.000.000,00. Juara kedua mendapat tropi dan uang sebesar Rp. 2.000.000,00. Juara ketiga mendapat tropi dan uang sebesar Rp. 1.000.000,00.
Hadirin yang berbahagia,
Tidak lupa saya ucapkan terima kasih kepada pihak Universitas yang telah membantu baik secara moral maupun material demi terlaksananya kegiatan ini. Saya juga mengucapkan terima kasih kepada hadirin yang bersedia hadir pada acara ini.
Demikian yang dapat saya sampaikan, apabila ada kesalahan saya mohon maaf.

Wassalamualaikum Wr. Wb.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar