Selasa, 06 September 2016

Artikel: Menapaki Jejak Sejarah di Museum Jawa Tengah Ranggawarsita

Menapaki Jejak Sejarah di Museum Jawa Tengah  Ranggawarsita
Oleh: Dhani Susilowati

Manusia cerdas adalah manusia yang mampu berproses. Ia belajar dari sejarah orang-orang terdahulu. Dari situlah sebuah proses pembelajaran bermula. Jika seseorang enggan menelaah lebih dalam perihal sejarah, ia akan berkembang tanpa sebuah dasar. Ia juga tidak dapat membedakan bagaimana manusia terdahulu dengan manusia modern yang berkembang saat ini.
            Permasalahan yang timbul pada masyarakat modern yaitu tidak menyukai hal-hal yang berkaitan dengan sejarah,  dengan alasan materi sejarah yang membosankan dan banyak hafalan mengenai nama tokoh dan tahun kejadian sebuah peristiwa. Sebenarnya, seseorang dapat belajar sejarah dengan media rekreasi yang berbasis pendidikan. Misalnya, rekreasi  di museum. Hal itu, akan lebih menarik dibandingkan dengan menghafal materi dalam buku sejarah. Di Jawa Tengah telah tersedia Museum Ranggawarsita yang akan membantu proses pengenalan sejarah pada generasi modern.

            Museum Jawa Tengah Ranggawarsita merupakan fasilitas yang disediakan oleh pemerintah dalam rangka pelestarian budaya dan media pembelajaran. Museum tersebut, menyediakan koleksi sebanyak 59.802 buah benda-benda peninggalan sejarah. Pengunjung dapat berwisata sambil mempelajari benda-benda peninggalan sejarah Indonesia sekaligus melihat bukti peninggalan sejarah tersebut. Maka dari itu, generasi modern tidak lagi buta akan sejarah yang menjadi aset berharga bagi bangsa Indonesia, melainkan memahaminya. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar