Selasa, 03 November 2015

KIRAB BUDAYA


BAHASA INDONESIA
Dosen pengampu: Eva Ardiana Indrariani, S.S., M.Hum


Disusun Oleh:
Dhani Susilowati (15410227)


PROGDI PENDIDIKAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA
FAKULTAS PENDIDIKAN BAHASA DAN SENI
UNIVERSITAS PGRI SEMARANG
2015

Kirab Budaya

            Kirab budaya adalah kegiatan yang dilakukan oleh Fakultas Bahasa dan Seni Universitas PGRI Semarang dalam rangka memperingati Hari Sumpah Pemuda. Kegiatan ini dilaksanakan pada hari Rabu, 28 Oktober 2015. Kirab budaya diikuti oleh tiga prodi yaitu Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Pendidikan Bahasa Inggris, Pendidikan Bahasa dan Sastra Daerah.

            Acara diawali dengan pidato Rektor Universitas PGRI Semarang, Bapak Drs. Muhdi SH. M.hum. Kemudian pukul 08.00 WIB peserta kirab budaya mulai berjalan, diawali dengan kelas yang mendapat nomor undi 1. Rute yang digunakan adalah  Jl. Sidodadi Timur, Jl. Sidodadi Barat, Jl. MT. Haryono, Jl. Stadion Selatan, Jl. Sidodadi Barat, Jl. Sidodadi Timur, Jl. RA. Kartini, Jl. Dr. Cipto, kemudian kembali ke Kampus melewati Jl. Linggar.
            Respon masyarakat mengenai kirab budaya sangat baik. Mereka banyak yang mengabadikan kegiatan ini dengan memotret melalui telepon genggam masing-masing. Banyak pekerja  toko  yang sengaja keluar menuju halaman toko  untuk menyaksikan ramainya kirab budaya. Siswa SD dan SMK juga ikut berkumpul di depan sekolah mereka masing-masing untuk melihat peserta kirab budaya yang berjalan dengan mengenakan pakaian yang mencerminkan berbagai budaya di Indonesia.
             Pada kirab budaya kali ini, pakaian yang dikenakan mengangkat tiga tema yaitu, pakaian adat Indonesia,  pakaian pahlawan Indonesia, dan pakaian pahlawan sastra Indonesia. Tetapi kebanyakan peserta memilih menggunakan pakaian adat, meskipun ada beberapa yang mengenakan pakaian pahlawan Indonesia.
            Setelah peserta kirab kembai ke Kampus, mereka berkumpul di Balairung untuk menyaksikan berbagai pentas seni. Diawali dengan penampilan yel-yel oleh peserta kirab. Kemudian dilanjutkan dengan   pementasan drama dari Fakultas Pendidikan Bahasa dan Seni (FPBS) yang berjudul Jejaka Gegana. Drama ini menceritakan tentang tokoh bernama Jaka Kendhil yang menyamar untuk mendapatkan jodoh.

Pementasan drama mendapat apresiasi yang baik dari penonton. Setelah itu, dilanjutkan dengan pementasan musik oleh Mahasiswa FPBS. Ada beberapa lagu yang dinyanyikan diantaranya Aku Bukan Pilihan Hatimu, lagu dari UNGU Band. Acara berlangsung dengan lancar. Penutupan acara dilakukan dengan pengundian kupon.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar